Indahnya Berbagi

Jakarta, Ketertarikan seringkali muncul dalam pertemanan antar lawan jenis. Sebenarnya, bisakah pria wanita berteman saja tanpa ada ketertarikan?

Jawabannya menurut hasil penelitian adalah bisa dan tidak bisa. Tapi kecenderungan yang terjadi adalah susah berteman dengan lawan jenis tanpa ada ketertarikan.

Sebanyak 32 persen peserta yang disurvei mengaku tertarik dengan sahabat lawan jenisnya dan menganggap ini sebagai beban. Tapi sebanyak 6 persen peserta survei bilang bisa menjalani persahabatan dengan lawan jenis dan ada manfaatnya.

Wanita lebih mungkin mengatakan ketertarikan sebagai beban dibandingkan pria. Sebanyak 47 persen wanita berusia 18 – 23 tahun mengaku ketertarikan kepada teman membebani persahabatan dengan lawan jenis. Pada pria, hanya 22 persen yang mengaku demikian.

Namun kebanyakan peserta juga mengakui persahabatan dengan lawan jenis juga dapat membahayakan hubungan asmara yang sudah dijalani dengan orang lain.

Dalam penelitian tersebut, 38 persen wanita dan 25 persen pria berusia 27 – 50 tahun mengaku bahwa kecemburuan dari pacar seringkali mengganggu persahabatan lawan jenis.

“Temuan kami menunjukkan adanya keuntungan dan kerugian dari persahabatan lawan jenis terkait dengan hubungan asmara individu untuk jangka panjang,” kata peneliti dari University of Wisconsin-Eau Claire seperti dilansir Myhealthnewsdaily.com, Kamis (11/10/2012).

Adanya ketertarikan dalam persahabatan lawan jenis seringkali membuat hubungan asmara yang sudah dijalani dengan orang lain jadi kurang memuaskan.

Meskipun demikian, para peneliti berhipotesis bahwa interaksi dengan lawan jenis secara naluriah memicu strategi kawin yang telah berkembang puluhan ribu tahun yang lalu.

“Strategi perkawinan dapat mempengaruhi keterlibatan seseorang untuk memulai hubungan antar lawan jenis, sebagaimana perasaan orang yang tanpa disengaja mewarnai hubungan dengan teman lawan jenis dianggap sebagai platonis,” kata para peneliti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: