Indahnya Berbagi

Jakarta, Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tapi kadang tanpa disadari ada beberapa hal yang kerap dilupakan orangtua untuk diajarkan pada anak-anaknya.

Meskipun sebagian besar masyarakat tahu bagaimana memiliki gaya hidup yang sehat, tapi hanya sedikit orang yang menjalaninya. Jika orangtua tidak memiliki pola hidup yang sehat, maka anak secara otomatis akan meniru dan mengikuti gaya orangtuanya. Padahal jika sejak kecil sudah punya kebiasaan sehat maka ini akan terbawa hingga dewasa.

Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang tanpa sadar ditularkan orangtua ke anaknya, seperti dikutip dari Health24, Senin (16/4/2012) yaitu:

1. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan terbukti sangat membatasi perkembangan anak dan kemampuannya untuk belajar, berhubungan dengan obesitas serta membuatnya lesu, kurang konsentrasi dan mudah marah.

Orangtua harus mulai menyisihkan sedikit waktu untuk sarapan. Dalam sarapan tidak harus mengonsumsi makan besar, tapi yang terpenting mengandung protein yang baik serta karbohidrat seperti sereal tinggi serat dan susu rendah lemak atau roti gandum dan telur rebus.

2. Tidak suka makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung nutrisi yang melimpah serta bisa membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit. Tapi kebiasaan orangtua yang tidak suka makan buah dan sayur bisa membuat si kecil memiliki kebiasaan tersebut.

Untuk itu miliki semangkuk buah dan beberapa sayuran segar di lemari es. Hal yang lebih penting adalah membuat kebiasaan mengemil buah dan sayur di depan anak serta menikmatinya.

3. Tidak rajin olahraga

Olahraga sangat penting untuk anak-anak karena bisa meningkatkan keterampilan koordinasinya, mempertajam pikiran, meningkatkan kepercayaan diri serta mengurangi kecemasan dan stres. Orangtua yang tidak rajin berolahraga akan membuat anaknya malas melakukan olahraga.

Cobalah memasukkan lebih banyak aktivitas dalam rutinitas keluarga sehingga anak ikut berpartisipasi. Memberi contoh dengan aktif secara fisik akan menciptakan keluarga yang sehat.

4. Kurang tidur

Tidur membantu anak untuk tumbuh, berkembang dan berfungsi optimal, jika anak kurang tidur bisa membuatnya berisiko obesitas, masalah perilaku serta penyakit lain. Orangtua perlu menanamkan rutinitas tidur yang teratur serta memiliki batas jam malam untuk menonton televisi dan main video game.

Setiap anak memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda tergantung usia dan tingkat aktivitas. Jika anak tak sulit dibangunkan saat pagi hari maka ia mendapatkan waktu tidur yang cukup.

5. Tidak membiasakan cuci tangan

Cuci tangan diketahui menjadi cara yang mudah untuk mencegah beberapa penyakit seperti infeksi akibat E.coli, Giadia dan Salmonella. Jika orangtua terbiasa untuk selalu cuci tangan maka anak akan mengikutinya dan kebiasaan ini terbawa hingga ia dewasa.

Biasakan cuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah memegang hewan, sebelum dan setelah memegang makanan mentah, serta setelah batuk atau bersin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: