Indahnya Berbagi

Liburan Minus Stress

Kompas.com — Liburan seharusnya menjadi saat-saat bersantai. Namun, kecenderungannya saat ini tingkat stres justru meningkat saat berlibur, baik karena kemacetan jalan menuju luar kota maupun perjalanan yang tak sesuai rencana.

Anda bisa mengubah semua itu. Ciptakan rasa damai dan gembira selama liburan dengan meluangkan waktu 5-10 menit untuk mengalami damai. Carilah tempat duduk yang nyaman, lalu duduklah dengan tegak. Lebih disarankan jika Anda duduk di luar ruangan atau di dekat jendela yang menghadap taman.

Lemaskan seluruh otot dan pejamkan mata. Pusatkan perhatian dengan tarikan napas yang dalam. Rasakan tarikan napas yang masuk dan keluar. Bila pikiran mulai melantur, kembalilah pada aturan napas.

Kini, perhatikan dengan penuh kesadaran pemandangan yang tersaji di hadapan Anda. Resapi bau udara dan sensasi yang Anda rasakan pada kulit, mungkin hangatnya matahari, suara hujan, atau gerakan daun. Semakin dalam Anda fokus pada lingkungan sekitar, rasakan kedamaian dalam diri.

Pada awalnya mungkin akan terasa sulit melakukan meditasi ini. Tak perlu memaksakan diri, biarkan diri Anda berlatih sampai tercapai ketenteraman seutuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: