Indahnya Berbagi

Kuku Cermin Kesehatan Anda

REPUBLIKA.CO.ID,  BERLIN – Tangan dan kuku jari tangan yang terawat bukan hanya memperindah penampilan seseorang tapi juga cerminan kesehatan Anda. Diagnosa penyakit atau masalah kesehatan pada seseorang dapat dilihat dari warna atau bentuk kuku.

Menurut para pakar dermatologi, perubahan pada kuku jari tangan dapat disebabkan berbagai pengaruh dari luar. Kasus kuku yang rapuh dalam kurun waktu lama juga dapat menunjukkan kurangnya zat besi atau gangguan pada amandel.

Kuku jari tangan juga dapat banyak menceritakan tentang masa lalu pemiliknya. Jalur-jalur panjang yang tampak pada kuku bagi kebanyakan orang adalah hal biasa dan pertanda normal penuaan. Jalur melintang pada masing-masing kuku jari, seringnya merupakan dampak terjepit atau luka yang dialami masa dulu. Bercak hitam pada kuku bisa jadi berasal dari aktivitas pertukangan, jika orang terkena pukulan palu pada jarinya.

Tapi jika tiba-tiba tampak bercak hitam pada kuku harus segera memeriksakannya ke dokter. Bercak pada daging kuku dapat berkembang melanoma atau kanker kulit, dan itu mula-mula tampak seperti bercak. Kadang-kadang sama sekali tidak tampak bercak dan hanya seperti jalur coklat yang tumbuh memanjang bersama kuku. Itu bisa tahi lalat yang tidak berbahaya. Tapi itu juga bisa melanoma yang tumbuh di bawah kuku.

Bercak putih atau garis pada kuku tidak membahayakan. Daging kuku yang terluka sedikit akan pulih kembali. Tapi tidak hanya warna kuku yang dapat berubah, melainkan juga bentuknya. Ada kuku yang tampak cembung seperti kaca jam atau hippocratic nail. Pada hippocratic nail, bentuk kuku menjadi cembung dan ini kadang menunjukkan pertanda gangguan hebat pada sirkulasi jantung atau penyakit paru-paru.

Para pakar dermatologi menganjurkan siapa yang ingin merawat kondisi kukunya, tidak perlu terpengaruh oleh janji-janji menggiurkan dari iklan. Kuku Anda tidak memerlukan tambahan vitamin seperti biotin atau zat mineral lainnya.

Pssttt satu lagi…tidak terlalu banyak bahan kimia atau mineral yang mengenai kuku, jauh lebih bermanfaat bagi kuku Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: