Indahnya Berbagi

Kompas.com – Suami atau istri ternyata menjadi sumber stres terbesar dibandingkan dengan pekerjaan atau bos yang galak. Tak heran bila banyak orang yang mengaku merasa lebih rileks di kantor ketimbang di rumah.

Sebanyak 58 persen dari 3000 responden pria dan wanita yang disurvei mengatakan pasangan mereka, baik itu istri atau suami, membuat mereka lebih tertekan. Bandingkan dengan 43 persen responden yang menjawab bahwa tuntutan pekerjaan dan bos di kantor lebih membuat stres.

Sementara itu para istri mengatakan mereka lebih sering naik darah gara-gara sang suami, dibanding karena hal lain yang juga membangkitkan emosi. Sekitar 18 persen responden wanita mengatakan suami mereka membuat hidup mereka lebih stres, sedangkan para pria yang menganggap istrinya sumber stres hanya 12 persen.

Survei tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Lancaster University, Inggris. Para ahli menduga, peran ganda para wanita, baik sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karir, membuat wanita lebih gampang merasa stres. Suami yang cenderung menuntut dan membatasi ruang gerak istri juga menjadi sumber stres para istri.

Yang menarik, para wanita yang disurvei tersebut lebih takut berat badan naik dibanding soal keuangan keluarga. Hampir separuh responden mengatakan berat badan ideal lebih penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, dibanding 27 persen yang mengatakan hal sama tentang keuangan keluarga.

Para wanita juga diketahui lebih khawatir dampak obesitas bagi kesehatan dibanding dengan kolesterol atau kanker. Sedangkan pria, hanya 36 persen saja yang menganggap berat badan ideal adalah penting untuk hidup sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: