Indahnya Berbagi

Winner vs Losser

Kompas.com. Orang yang optimis cenderung berpikir positif dan merasa mampu mengatasi masalah, mampu melakukan pekerjaan. Ia berani atau memiliki keyakinan bahwa ia sanggup mengubah situasi.

Dengan keyakinan itu ia sudah tampil seperti pemenang (winner). Orang yang baru saja memenangi pertandingan (basket, sepakbola, dsb) memiliki penilaian positif terhadap dirinya sendiri (memiliki self-esteem yang positif), sehingga cenderung bersikap dan bertindak positif pula terhadap orang lain.

Alhasil, dengan sikap dan perilaku positif itu biasanya seseorang akan benar-benar mampu meraih sukses. Juara sejati dihasilkan oleh mental juara yang sejati!
Sebaliknya, orang yang pesimis tidak memiliki keyakinan bahwa dirinya mampu mengubah situasi, kurang keyakinan bahwa ia mampu mengerjakan tugas. Bahkan, ia mungkin merasa tidak berdaya.

Dengan kondisi seperti itu ia cenderung mencari keselamatan untuk diri sendiri. Penghargaan terhadap diri sendiri yang cenderung negatif (self-esteem negatif) membuat ia harus menyelamatkan apa yang dirasa masih dimiliki.

Seperti orang yang kalah (the loser) dalam pertandingan, ia mencoba membangun penghargaan dari orang lain dengan apa yang masih ia miliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: