Indahnya Berbagi

Konsumsi garam berlebih telah dikenal luas sebagai salah satu penyebab penyakit tekanan darah tinggi. Baru-baru ini sebuah penelitian mengonfimasi risiko lain yang disebabkan garam yaitu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Sebuah uraian yang dipublikasikan BMJ menemukan, perbedaan konsumsi garam sekitar 5 gram per hari dapat menghasilkan perbedaan hingga 23 persen dari rata-rata penyakit stroke dan 17 persen rata-rata risiko penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan uraian tersebut, rekomendasi asupan garam dari Organisasasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) hanya sekitar 5 gram atau sekitar satu sendok teh per hari. Namun, umumnya orang di negara Barat mengonsumsi sekitar 10 gram garam per hari. Bahkan, masyarakat Eropa Timur mengonsumsi lebih banyak lagi.

Penulis uraian itu menganalisa 13 penelitian yang melibatkan lebih dari 170.000 ribuan partisipan yang menghubungkan kaitan antara garam dan penyakit kardiovaskular dan stroke.

Para peneliti memperkirakan, mengurangi asupan garam hanya sekitar 5 gram per hari oleh masyarakat di seluruh dunia dapat mengurangi satu juta kematian per tahun akibat stroke dan mencegah tiga juta kematian akibat penyakit kardiovaskular tiap tahun.

Lantaran sulit mengukur asupan garam, lanjut penulis, bisa jadi pengurangan asupan garam itu dapat mencegah kematian lebih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: