Indahnya Berbagi

Harapan Istri Terhadap Suami

KOMPAS.com – Pada akhir karirnya Sigmund Freud mengaku frustrasi: “Pertanyaan besar yang belum mampu saya jawab selama 30 tahun riset saya pada jiwa perempuan adalah, apa yang yang diinginkan wanita?”

Bertahun-tahun kemudian, melalui bukunya The Evolution of Desire, psikolog David M. Buss PhD dari The University of Texas, menawarkan jawaban yang cukup menantang untuk dibuktikan.

Dalam penelitian, kepada 10.000 wanita dari 37 latar-belakang budaya yang berbeda ia bertanya, apa yang mereka inginkan dari pasangannya? Jawaban yang paling umum adalah:

–  Uang dan kesejahteraan
–  Status sosial dan pengaruh (power)
–  Seseorang yang lebih tua (rata-rata 3,5 tahun lebih tua dibanding dirinya)
–  Ambisi
–  Kecerdasan dan dapat diandalkan
–  Cinta dan komitmen

Lima teratas dari  jawaban tersebut memberi wanita rasa aman yang dibutuhkan agar dapat memenuhi tuntutan biologis untuk mengelola keluarga, termasuk membesarkan anak (Bahkan bila wanita tidak punya anak, menurut Buss,  keinginan-keinginan yang tersimpan  di dalam ini  tetap memandu wanita dalam memilih).

Pria lebih tua, lebih cerdas, berambisi meraih status sosial yang lebih tinggi dapat memberinya jaminan evolusioner dalam beranak-cucu: Makanan, perumahan, pendidikan dan perawatan kesehatan  yang lebih baik. Sedang Cinta dan komitmen membuat  semua hal di atas menjadi lebih bisa dinikmati dan penuh manfaat.

Pemahaman atas agenda terdalam wanita itu akan membantu pria mengerti mengapa umumnya wanita berupaya merengkuh keamanan hubungan jangka-panjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: