Indahnya Berbagi

Pesona Diri

Jacky Onassis, Soekarno, ataupun Suharto, memilikinya. Pesona/daya tarik, merupakan senjata ampuh seorang komunikator. Dengan hal ini, Anda dapat berkomunikasi mudah dengan setiap orang. Berikut ini 5 Tips yang dapat Anda gunakan untuk memunculkan pesona diri Anda dalam berkomunikasi:

1. Pertama: Fokus. Tidak ada yang lebih penting dalam mengembangkan sebuah percakapan, selain menganggap lawan bicara Anda seolah-olah hanya dia seorang yang ada dalam ruangan tersebut. Dalam konteks ini, Anda sebaiknya mampu menempatkan atau menomorduakan ego Anda di belakang keinginan-keinginan lawan bicara Anda. Ubah dan salurkan ego Anda tersebut dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan balik, sehingga mampu mengesankan Anda sebagai pendengar yang baik. Toni Alessandra, Ph.D, pengarang buku Charisma, mencontohkan beberapa pertanyaan yang dapat Anda pergunakan sebagai pertanyaan feed back seperti: 1) Sampaikan respon verbal, “Hemm”, “Benarkah?”, dan “Wow?”. 2) Sampaikan respon bahasa tubuh seperti senyman, anggukan, dan tatapan mata antusias. 3) Garis bawahi poin-poin yang diutarakan lawan bicara Anda, agar Anda dapat menyampaikan pertanyaan yang relevan.

2. Kedua: Bantulah lawan bicara Anda agar merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan Anda. Berusahalah menemukan sesuatu atau apapun yang membuat Anda tertarik dengan lawan bicara Anda, karena lawan bicara Anda akan dapat merasakan ketertarikan Anda. Ini dapat Anda lakukan dengan memandang lawan bicara Anda secara penuh empati. F. Scott Fitzgerald, menyampaikan bahwa hadiah terbaik yang dapat Anda berikan pada seseorang adalah dengan memberikan perhatian, sebesar perhatian yang ingin mereka dapatkan.

3. Ketiga: Senyum. Victor Borge, seorang pianis dan komedian, menyampaikan bahwa ‘senyum’ mampu menempatkan Anda dan audien/lawan bicara Anda pada jarak yang paling dekat. Semua orang bias tersenyum, namun senyuman yang tulus dapat terpancar dari mata Anda dan dapat membuat suasana ‘mencair’.

4. Keempat: Ingat, Seorang yang penuh pesona selalu memperhatikan hal-hal kecil. Anda dapat memulainya dengan mengingat nama-nama lawan bicara Anda, dimana sebagaian dari kita seringkali mudah melupakannya. Kalaupun Anda mengalamai kesulitan, buatlah catatan kecil. Sebagai tambahan, Seorang Top Salesman, mengelola dengan serius data-data pelanggannya. Dengan mengacu pada data tersebut, dia dapat lebih dekat dekat dengan kehidupan pribadi pelanggannya.

5. Kelima: Energik dan antusias/bersemangat. Seseorang yang mempunyai ‘magnet’ atau daya tarik diri, biasanya memiki percaya diri yang tinggi. Energik dan antusias biasanya mudah menjalar dan menular kepada lawan bicara Anda dengan mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: