Indahnya Berbagi

Keseimbangan Hidup Muslim

Al Quran menyatakan bahwa keimanan dan etos kerja merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Setiap ayat Al-Quran yang menyebutkan kata aamanu banyak yang diikuti dengan kata wa ’amil assh-shalihat. Dalam pandangan Abu al-A’la al-Maududi amal soleh di sini artinya setiap pekerjaan dan usaha yang diniatkan untuk mencari keridhaan Allah. Jadi, setiap pekerjaan akan dinilai ibadah dan termasuk amal soleh bila niatnya semata karena Allah Swt.

Islam mengajarkan bahwa hidup harus seimbang. Selain mengejar kehidupan dunia kita juga dituntut untuk tidak melupakan akhirat. Rasulullah bersabda ”Bukan yang terbaik diantara kamu yang meninggalkan kehidupan dunia untuk mengejar kehidupan akhirat, dan bukan pula yang meninggalkan kehidupan akhirat untuk mengejar kehidupan dunia. Yang terbaik adalah yang mampu menggabungkan keduanya. Sesungguhnya kehidupan dunia itu adalah jalan untuk sampainya ke kehidupan akhirat” (HR Ibnu Asakir dari Anas)

Dalam hadits lain Rasulullah mengibaratkan watak mukmin itu bila malam menjelang bagaikan rahib, rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Dan tatkala siang datang bagaikan serigala, bersemangat, memiliki etos kerja tinggi dan berusaha sekuat tenaga untuk berkarya dan berusaha.

Allah memerintahkan kepada kita untuk untuk tidak berpangku tangan, namun sebaliknya, semangat dalam bekerja. Setiap pekerjaan kita senantiasa disaksikan, bukan hanya oleh Allah dan diri kita, tapi juga oleh Rasulullah dan orang-orang yang beriman.

”Dan katakanlah: ’Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang beriman akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang Mengetahui apa yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS. At-Taubah: 105)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: