Indahnya Berbagi

40 Tahun Berlalu

Ahad Kliwon, 10 Agustus 1969 terlahir bayi laki-laki lucu di sebuah kota kecil yang terkenal dengan pecelnya di Jawa Timur. Dan kini, Senin 10 Agustus 2009, masa itu genap berlalu 40 tahun. Satu masa yang cukup panjang dan melelahkan untuk perjalanan seorang anak manusia. Selama perjalanan itulah, aku semakin meyakini bahwa Alloh SWT menciptakan makhluknya dengan tidak sia. Selalu saja ada misi yang diemban oleh setiap makhluk yang diciptakanNya. Perjalanan 40 tahun memang panjang, namun jika trace back ke belakang, maka perjalanan ini terasa sangat singkat. Hal ini terjadi karena banyak kejadian penting di usia kanak-kanak yang masih lekat dalam ingatanku hingga saat ini.

Sebagai seorang manusia yang memiliki fisik, fikiran dan ruh yang sempurna, kita harus menyadari bahwa nikmat yang diberikan oleh Nya sangat begitu banyak. Namun demikian banyak manusia yang ingkar dengan nikmat ini. Kita bisa melihat penegasan Alloh SWT yang berkali-kali di dalam Al Qur’an Surat Ar Rahman, yang artinya” Maka nikmat Tuhanmu  yang manakah yang kamu dustakan”. Karena ayat ini diulang-ulang, berarti Alloh SWT telah memperingatkan kepada semua manusia akan kejadian ini. Semoga kita semua senantiasa mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Terkait dengan usia 40 tahun, di dalam sebuah hadits Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al Hafizh Abu Ya’la Mushili dari Utsman r.a, yang artinya “Bila seseorang hamba muslim mencapai usia 40 tahun, maka Alloh SWT akan meringankan hisabnya……………..”

Itulah refleksi 40 tahun umurku hari ini. Semoga Alloh SWT senantiasa menunjukkan hidayah dan karuniaNya kepadaku untuk mengisi hari-hari ke depan agar tetap berjalan di jalan kebenaran. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: