Indahnya Berbagi

Spirit Itu Tlah Kembali

Beberapa bulan terakhir ini, aku merasakan kemunduran spirit dalam melaksanakan berbagai hal. Salah satu yang terbengkalai adalah penyusunan disertasi. Untuk yang satu ini memang memerlukan perhatian khusus dan istimewa. Kadang malam malam harus banyak merenung dan berfikir bagaimana menentukan model yang paling tepat diantara model yang sudah ada serta teori yang menyertainya. Banyak hal yang menyebabkan disertasi ini agak mandek, misalnya alokasi waktu yang minim dan aspek-aspek lain. Salah satu aspek yang paling menentukan adalah kurangnya spirit dan motivasi untuk segera fight menyelesaikan hal ini. Aku sudah coba berbagai cara untuk kembali memulihkan spirit itu, namun belum berhasil juga. Karena masalah ini harus segera diselesaikan, maka aku coba kembalikan spirit ini dengan cara menyusuri jejak-jejak awal perjalananku di ibukota. Sengaja aku susuri kampus, rumah dan bahkan warung yang dulu pernah aku tinggali. Meski cukup capai karena harus berpanas-panas di bawah terik matahari, aku merasa seakan kembali ke masa lalu yang penuh dengan spirit, dinamika dan romantika. Suasana masa silam itu seakan mengalir dengan deras dalam jiwa ini. Apalagi ketika menatap A21/4, A20/2 dan C7/12. Rumah itu seakan tersenyum dan berkata teruskan perjalananmu kawan. Aku perhatikan pohon belimbing, pohon palem yang menjadi saksi bisu keberadaanku di rumah itu puluhan tahun silam. Sampai sekarangpun, rumah itu tak berubah. Setelah menatap saksi bisu itu, rasa-rasanya aku mendapatkan satu spirit baru untuk segera berbenah menyelesaikan berbagai hal yang selama ini mengalami kemunduran. Semoga berhasil

Leave a Reply

Tag Cloud

