Indahnya Berbagi

Hari ini, Senin 16 Maret 2009, waktu pelaksanaan kampanye terbuka telah dimulai. Para parpol dengan jurus, strategi dan caranya masing2 telah bersiap-siap memasuki saat2 akhir pertarungan politik itu. Sebagai pengamat yang sedikit melek politik, saya akan mencoba menganalisis peta kekuatan parpol beserta kemungkinan perolehan suaranya dalam pemilu 2009 ini. Saya juga mencoba menganalisis kekuatan parpol tsb dengan analogi yang sederhana yaitu dengan menganalogikan dengan tim sepakbola terkemuka di dunia, sehingga akan mudah untuk dicerna. Kebetulan saat ini Liga Champions sedang mempertemukan 8 tim terkuat Eropa pada babak perempat final. Tim-tim tersebut adalah 1. Manchester United 2. Chelsea 3. Liverpool 4. Arsenal 5. Barcelona 6.Villareal 7. Bayern Munchen 8. FC Porto.

Jika 8 besar Liga Champions itu dianalogikan dengan kekuatan parpol yang akan berlaga di pemilu 2009, saya mencoba memperkirakan hasil yang nanti dicapai pada pemilu 9 April 2009, dengan urutan pemenang sebagai berikut:

1. PDIP : 18,45 %

2. Golkar : 17,58%

3. Demokrat: 15, 74%

4. PKS : 14,87%

5. PPP : 8,86%

6. PAN : 7,77%

7. PKB : 7,66%

8. Gerindra : 5,44%

Dari 8 parpol yang nanti akan leading, saya akan menganalogikan dengan kekuatan 8 tim besar Eropa yang saat ini memasuki babak 8 besar. PDIP bisa dianalogikan dengan Chelsea, yang akhir -akhir ini cukup bersemangat kembali setelah ditangani Guus Hiddink. Golkar bisa dianalogikan dengan MU yang memiliki pelatih berpengalaman yaitu Sir Alex Fergusson. Demokrat bisa dianalogikan dengan Liverpool yang kembali bangkit setelah berhasil mengalahkan Real Madrid dan MU. PKS adalah Arsenal yang berisikan pemain-pemain muda yang penuh semangat dan potensi talenta tinggi yang pada suatu saat mencapai puncaknya. PPP adalah Bayern Munchen, sebuah klub besar yang melegenda di Jerman, tapi sering inkonsisten dalam penampilannya. PAN adalah Barcelona yang sempat memimpin jauh atas Real Madrid, tapi jarak tersebut sekarang semakin dekat. PKB adalah FC Porto, klub asal Portugal yang gigih dan bersemangat, namun kurang memiliki leadership yang kuat di lapangan. Terakhir adalah Gerindra yang bisa disebut sebagai pendatang baru layaknya Villareal dari Spanyol.

Semoga prediksi ini tidak terlalu jauh dari hasil yang nanti kita lihat pada 9 April 2009. Tingkat keyakinan saya terhadap hasil pemilu di atas adalah 80%.

Comments on: "Prediksi Pemenang Pemilu 2009" (6)

  1. Arida Sahputra said:

    Assalamualaikum
    Sepertinya prediksi anda 8 besar ini benar, hanya saja prediksi urutan pemenangnya yang berbeda. Kalau prediksi saya:
    1. PKS
    2. Demokrat
    3. Golkar
    4. PDIP
    5. PAN
    6. PPP
    7. Gerindra
    8. Hanura

    • iwanagussugeng said:

      Saya hargai pendapat anda dan mari kita saksikan hasil quick count ya. Terima kasih

  2. Deswijaya Putra said:

    saya s7 dengan mas Arida Syahputra,,bukan karena sama-sama putranya lho..hehehe…
    tapi saya mengamati hanya 5 besarnya saja,,
    1. PKS
    2. Demokrat
    3. Golkar
    4. PDIP
    5. Gerindra

  3. PKS OKS ABIEZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  4. Pemilu ut milih wakil rakyat tp jgn salah milih org yg malas kerja alias tukang tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: