Indahnya Berbagi

1. Posisikan kita sebagai mereka..
Kata-kata yang paling sering timbul dan kita pergunakan dalam menghadapi suatu rintangan, atau masalah terutamanya pertentangan adalah.. “Padahal kalau menurut saya…” dan jarang sekali kita ngomong apalagi berpikir, ”Mungkin, menurut mereka sebaiknya…”

Pada setiap saya mengalami jalan buntu pada sebuah ‘perselisihan’.. biasanya kemudian saya berhenti.. dan saya mencoba ‘menjadi’ mereka.. insya Allah nanti akan ketemu jalan tengahnya.. sebab akan jauh sekali berkurang kata-kata atau pemikiran, “Padahal kalau menurut saya..”..

Memang tidak gampang bagi kita untuk mencoba memulai berpikir ‘sebagai’ mereka.. jangankan memulai.. untuk ‘mau’ saja kadang ‘sisi ego’ kita sudah menolaknya terlebih dahulu.. padahal percayalah.. ini kunci yang paling mudah.. dan paling murah..

2.Hidup ini persis kayak Lomba Lari Lompat Gawang..
Kita yang harus lari dan melompati gawang penghalang tersebut.. jadi jangan pernah berharap gawangnya yang akan merendah pada saat akan kita lalui.. dan lebih hebatnya lagi.. ini tidak akan pernah ada finishnya.. yang ada hanyalah kita yang menyatakan berhenti dari lomba tersebut atau Allah memang ‘memfinishkan’ kita..”

Yang namanya Lomba Lari Lompat Gawang ya pasti akan begitu.. pokoknya lari, trus ada gawang yang musthi kita lompati.. bahkan, Walaupun kita sudah jadi Atlit dan juara tingkat duniapun.. yaa tetep harus melompati gawang tersebut.. bukan berarti kalo’ kita udah jadi juara dunia trus bisa atau boleh nggak melompati..

Yang ada hanyalah, kalo’ kita jadi juaranya.. berarti kita sudah sering ketemu dan berlatih melompati ‘si gawang’ tersebut.. sehingga lebih mudah atau lebih cepat dari yang lainnya.

Dua point tadi saya ambil dari blog kawan SMA yang sangat menarik, yaitu http://www.kajiedan.blogspot.com
Bicara tentang makna kehidupan, setiap dibicarakan akan semakin menarik, luas dan dalam, layaknya samudera yang tiada bertepi. Dari beberapa topik yang saya baca di blog kawan tersebut, ternyata sebagai manusia kita adalah makhluk yang paling beruntung, meski kebanyakan manusia selalu murung jika bertemu masalah. Masalah akan selalu ada di dalam setiap nafas dan langkah kita. Orang yang cerdas adalah bukan orang yang tidak memiliki masalah, namun orang-orang yang senantiasa menggunakan budi, akal, nurani, dan aqidah yang murni untuk solusi. Tidak ada suatu masalah yang tidak terselesaikan, namun tidak ada masalah yang dapat selesai dengan sendirinya. Semoga 2 point tadi akan mencerahkan kehidupan kita. Bagi pembaca yang ingin mendapatkan sisi-sisi kehidupan yang kompleks tapi dikemas dengan bahasa yang jenaka dan “nakal” bisa mengunjungi blog tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: