Indahnya Berbagi

Kicau Burung

Ini adalah sepenggal kisah burung yang sering hinggap di pohon besar depan rumah. Sejak pindah ke rumah baru, aku mendapatkan banyak perubahan suasana menuju ke arah kesejukan, sehingga hidup ini semakin nyaman dan damai. Salah satu faktor yang membuat suasana sejuk itu adalah kicau burung di pohon besar itu.

Ketika embun sedikit beringsut dan udara pagi lembut menyapa, datanglah beberapa burung dan hinggap di pucuk pohon. Aku nggak tahu persis burung apa itu. Namun dari kicaunya, jelas terdengar bahwa suaranya sangat merdu dan damai. Mungkin ada jalak, prenjak, perkutut, tekukur dan beberapa nama lain. Sambil minum teh hangat di teras rumah atau sambil rebahan di tempat tidur, aku sering mendapat banyak inspirasi kehidupan dari kicau burung-burung itu. Kicau itu seperti bentuk rasa syukur makhluk kepada sang Ilahi yang telah memberikan nafas kehidupan kepadanya. Kicau burung juga berarti tanda kebahagiaan karena mereka bisa bebas berekspresi dalam mengarungi kehidupan. Kicau burung ini akan berakhir seiiring dengan meningginya sang surya, sekitar pukul 7.00.

Ketika malam menjelang, hadirlah beberapa jenis burung malam yang hinggap di pohon itu. Ada burung hantu, bence dan kadang-kadang gagak. Ketika kita mendengar kicauannya, hati terasa mencekam karena suara burung itu mengingatkan kita akan kematian yang gelap, dingin dan mencekam. Saat yang paling syahdu dan membuat bulu roma berdiri adalah ketika sholat tahajjud diiringi bunyi burung hantu. Insya Alloh akan lebih khusu’ karena kita masih diberi kesempatan untuk bernafas, beraktivitas dan menyebut kebesaran Sang Ilahi Robbi. Semoga suara burung-burung itu akan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: