Indahnya Berbagi

Employee Development

Beberapa manajer kurang baik dalam mengembangkan kapabilitas bawahannya. Mereka tidak berfikir bahwa pengembangan tersebut sebagai salah satu tugasnya atau mereka lupa bahwa hal itu dapat menghancurkan perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa manajer harus mengembangkan kapabilitas bawahannya yaitu:
• Manajer yang tidak mengembangkan kapabilitas bawahannya punya peluang kecil untuk promosi.
• Talenta dan ambisi bawahan akan hilang jika pengembangan karirnya terkungkung.
Sedangkan jika manajer sungguh-sungguh mengembangkan karyawannya, maka akan menarik orang-orang yang baik untuk menghasilkan tempat bekerja dengan moral dan standar tinggi dan memelihara semangat untuk perbaikan terus menerus. Hal ini baik bagi karyawan maupun bagi manajer.
A. Begin with employee
Pengembangan dimulai dengan pemahaman terhadap aspirasi karyawan dan bagaimana pengenalan terhadap tempat bekerja saat ini. Semakin banyak pemahaman terhadap para karyawan, semakin mudah untuk memotivasi mereka. Terdapat 3 komponen pokok untuk mendukung pengembangan karyawan, yaitu motivasi karyawan, sumber daya organisasi, dan dukungan manajer kepada bawahannya.
B. Basic tactics for employee development
1. Job redesign
Jika kita percaya bahwa bawahan dapat berkontribusi pada tingkatan yang lebih tinggi, jangan hanya menimbun tanggung jawab baru. Langkah awal dalam mendesain kembali pekerjaan adalah menginventarisasi dengan seksama seluruh tugas yang terkait dengan pekerjaan. Tugas ini dapat ditemukan dalam uraian pekerjaan atau catatan penilaian kinerja. Kemudian membuat daftar serta melihat kemungkinan untuk menghapus tugas dengan tingkatan rendah. Selanjutnya mengidentifikasi aktivitas yang lebih menantang dan menempatkannya sebagai bagian dari pekerjaan.
2. Task delegation
Delegasi adalah penugasan tugas khusus dari seseorang kepada yang lain. Jika seseorang memberikan delegasi, maka dia tidak hanya memindahkan pekerjaan tetapi juga tanggung jawab. Delegasi yang efektif dapat memberikan keuntungan kepada manajer, bawahan dan organisasi. Bagi manajer, delegasi tugas akan memberikan kesempatan untuk fokus pada hal-hal yang lebih spesifi serta mengurangi beban kerja dan mengurangi stress. Bagi bawahan, delegasi memberikan kesempatan untuk belajar bagaimana menerima tanggung jawab dan menambah pengalaman bawahan mengerjakan pekerjaan manajerial.
3. Skill training
Pelatihan kemampuan merupakan salah satu cara pengembangan karyawan dengan tujuan sebagai berikut:
• Menjaga kemampuan karyawan dalam mengikuti teknologi baru dan praktik bisnis baru.
• Membantu karyawan menguasai kemampuan yang diinginkan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perusahaan.
4. Career development
Pengembangan karir adalah sebuah sebuah payung yang menaungi banyaknya pengalaman dalam pelatihan, penugasan dalam pekerjaan dan terhubung dengan penunjuk jalan yang dapat memindahkan seseorang ke depan (promosi) dalam pekerjaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: