Indahnya Berbagi

Hidup Adalah Perjuangan

Pernahkah anda memiliki uang tunai 1 juta, 10 juta, 100 juta, 1 miliar atau lebih dari itu? Terus bagaimana jika anda membandingkan saat anda memiliki uang 1 miliar sekarang dengan 10 juta lima tahun yang lalu. Bagaimana rasanya? Saya yakin bahwa anda tidak merasakan kenikmatan yang jauh berbeda dari 2 hal tersebut. Mengapa ini terjadi? Menurut saya, hal ini terjadi karena manusia kita akan selalu mengalami kejenuhan dalam hidup jika orientasi kehidupan kita tidak jelas. Hidup bagi banyak orang memiliki makna yang berbeda-beda tergantung sisi pandang yang bersangkutan. Ada sebagian orang yang menyatakan bahwa hidup adalah mengalir saja seperti air tanpa perlu satu perencanaan. Ada juga yang mengatakan bahwa hidup adalah tempat untuk bersenang-senang sebelum kita mati. Apapun kondisinya, sah-sah saja orang mengatakan hal itu.
Namun mungkin anda memerlukan satu konsep tersendiri tentang hidup, maka konsep saya ini mungkin layak untuk anda pertimbangkan. Coba kita renungi sejenak perjalanan kehidupan kita sejak kita lahir, anak-anak, remaja hingga dewasa saat ini dan menua pada akhirnya. Anda akan memperoleh banyak pembelajaran dalam setiap step yang anda lalui. Apalagi bagi kita yang memiliki anak dan kemudian kita perhatikan perkembangan anak tersebut sejak bayi sampai dia besar. Betul-betul suatu pembelajaran yang sangat indah. Dari berbagai step yang anda lalui, terlihat bahwa kehidupan kita di-setting oleh Alloh SWT dengan porsi yang sangat proporsional dan sesuai dengan masanya masing-masing. Saat kita bayi dan anak-anak, maka saat itulah kita dapat bermanja-manja dengan orang tua kita. Saat anak-anak menginjak remaja, maka saat itu dia mulai mencari identitas diri untuk menuju jalan hidupnya, dan pada saat kita dewasalah kita menemukan jati diri kita seutuhnya. Salah satu sisi yang kita amati dalam setiap step kehidupan yang kita lalui adalah nilai perjuangan yang selalu ada dalam peralihan ke step berikutnya. Pada saat janin akan manjadi bayi, dia akan berjuang dengan keras untuk keluar dari rahim ibu dengan tangisan yang sangat keras. Saat bayi uisa 2 tahun berusaha untuk berjalan, maka dia akan jatuh bangun belajar berjalan. Saat anak-anak mau lulus SD atau SMP, diapun akan berjuang untuk lulus UAN. Apalagi remaja-remaja yang akan menuju bangku kuliah di PTN, dia akan berjuang keras meraih tiket itu. Hal ini akan berjalan terus menerus sampai seseorang meninggal dunia.
Esensi dari perjuangan hidup adalah mencari jalan terbaik bagi seseorang di kemudian hari, sehingga dia akan memperoleh kebahagiaan. Kebahagiaan tertinggi dalam konsep orang beriman adalah mendapatkan surga Alloh SWT. Dengan pemahaman yang baik atas konsep tersebut, maka selayaknya setiap manusia akan berlomba untuk menjadi yang paling bahagia saat dia nanti hidup di surga. Dengan konsep ini juga, maka setiap langkah kakinya di dunia juga merupakan salah satu step untuk ke surga. Dengan pemahaman seperti itu, maka seseorang akan terus berupaya untuk mengisi setiap jengkal kehidupannya dengan investasi akhirat. Suatu investasi yang pasti untung dan pasti membawa kebahagiaan. Untuk itu coba kita tengok lebih dalam seberapa jauh investasi akhirat kita. Insya Alloh jika kita siapkan investasi itu dari dini dan optimal, maka kebahagiaan di surga itu akan manjadi kenyataan. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: