Indahnya Berbagi

Pernahkan anda naik bis malam dari Jakarta ke Surabaya lewat pantura? Jika sudah, berarti anda akan lebih mudah memahami makna percaya diri. Atau pernahkah anda memperhatikan saat pesawat anda take off atau landing. Peristiwa itupun juga mengajarkan anda tentang makna percaya diri.

Bagi sebagian besar orang, percaya diri adalah sesuatu yang paling sulit untuk dilaksanakan. Mengapa hal itu sulit dikerjakan? Kemungkinan besar sebabnya adalah mereka tidak yakin bahwa dia memiliki kekuatan dan kelebihan. Uraian berikut ini adalah sumbangsih saya kepada anda agar memiliki sikap percaya diri dalam melakukan suatu action.

  1. Ingatlah bahwa persangkaan anda terhadap sesuatu akan diamini oleh malaikat dan akan dikabulkan oleh Alloh SWT. Dengan demikian, jangan pernah punya prasangka yang tidak baik atau tidak percaya diri dengan sesuatu yang akan anda laksanakan.
  2. Percaya diri dapat dimunculkan meski masa lalu anda dipenuhi dengan peristiwa-peristiwa yang membuat anda selalu pesimis dan putus asa menatap masa depan anda.
  3. Sering-seringlah anda berziarah ke makam atau menengok orang sakit. Dengan berziarah anda dapat merenungi berbagai kebaikan si fulan dan anda juga dapat mengingat bahwa suatu saat anda akan mati. Dengan demikian anda akan kembali semangat untuk berkreasi dengan lebih baik karena anda masih diberikan umur panjang.  
  4. Anda coba sering perhatikan pertandingan sepak bola di liga terbaik Eropa seperti liga Inggris atau liga Italy pada saat injury time. Pada saat itu semua pemain memiliki semangat berlebih untuk mencetak gol atau mati-matian menjaga daerahnya agar tidak diserang. Kenapa hal ini terjadi? Karena mereka sadar bahwa waktu mereka akan segera berakhir, sehingga mereka akan mengoptimalkan seluruh kemampuan yang dimilikinya.
  5. Renungi usaha-usaha yang keras dari seekor nyamuk yang selalu menyerang anda saat tidur. Meski anda sudah berupaya untuk menepuk, bahkan membunuhnya, namun nyamuk-nyamuk yang lain tetap bersemangat mengisap darah anda. Ini terjadi karena usia hidup nyamuk yang sangat singkat, 3 hari.
  6. Belajarlah dari biografi para tokoh besar yang tidak kenal mencoba membuat penemuan baru, meski pada awalnya mereka dicerca, dilecehkan dan dianggap gila oleh masyarakat sekitarnya. Ini menunjukkan bahwa percaya diri harus disertai dengan ketekunan dan kesungguhan yang maksimal dan tak kenal menyerah.
  7. Belajarlah dari gaya bicara para penyiar televisi yang runtut, enak didengar dan disertai roman muka yang cerah. Ini memberikan pelajaran bahwa percaya diri hanya dapat dilakukan jika kita memiliki kebersihan perasaan, hati, jiwa dan pikiran yang jernih.
  8. Percaya diri disertai perhitungan yang terencana, cermat dan akurat, sebagaimana sopir bis malam yang mengendarai bisnya dengan cepat dan tetap menyalip kendaraan lain meski space jalan terbatas.    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: